CYBER TERRORISM

Perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat merupakan kebutuhan pokok dalam kehidupan manusia saat ini. Informasi yang didapat secara cepat, tepat dan akurat memainkan peranan sangat penting dalam berbagai aspek kehidupan manusia, seperti penentuan sebuah kebijaksanaan,sebagai alat bantu dalam proses pengambilan keputusan atau bahkan sebagai tren atau gaya hidup manusia modern. Kenyataannya semakin banyak kalangan bisnis,organisasi,perkantoran,pendidikan dan militer hingga individu yang menjadi sangat ketergantungan dengan fenomena zaman informasi ini.
Sehingga munculah istilah yang sering dikenal dengan sebutan“the information age” atau abad informasi.
Namun kenikmatan serta kemudahan yang ditawarkan abad informasi sekaligus mengundang para terorisme di dunia maya (cyber terrorism) untuk turut serta berpetualang didalamnya.
Pengertian tentang cyber terrorism sebenarnya terdiri dari dua aspek yaitu cyber space dan terrorism,sementara para pelakunya disebut dengan cyber terrorists.
Para hackers dan crackers juga dapat disebut dengan cyber terrorist,karena seringkali kegiatan yang mereka lakukan di dunia maya (Internet) dapat menteror serta menimbulkan kerugian yang besar terhadap korban yang menjadi targetnya,mirip seperti layaknya aksi terorisme.
Keduanya mengeksploitasi dunia maya (internet) untuk kepentingannya masing-masing. Mungkin perbedaan tipis antara cyber terrorist dan hackers hanyalah pada motivasi dan tujuannya saja,dimana motivasi dari para cyber terrorist adalah untuk kepentingan politik kelompok tertentu dengan tujuan memperlihatkan eksistensinya di panggung politik dunia.
Sementara motivasi para hackers atau crackers adalah untuk memperlihatkan eksistensinya atau adu kepintaran untuk menunjukan superiotasnya di dunia
maya dengan tujuan kepuasan tersendiri atau demi uang.
Secara umum pengertian cyber terrorism adalah “suatu bentuk kegiatan terencana yang termotivasi secara politis yang berupa serangan terhadap informasi,sistim komputer,program komputer dan data sehingga mengakibatkan kerugian besar serta jatuhnya korban tak berdosa yang dilakukan oleh satu kelompok grup atau perorangan.

bagi pengguna facebook,ente juga bisa gabung di FREE ALL (goose)

take n give always
thank's

0 comments to “ CYBER TERRORISM ”

Post a Comment